Project No 16

Project No 16

PosterBenzig

“REBOUND”
Proyek Khusus Beni Sasmito / Benzig
2 – 23 Maret 2013

Pembukaan (dilanjutkan dengan artist’s talk)
2 Maret 2013 Pukul 16.00
Pameran dibuka oleh Wiwied C59

PLATFORM3
Jl. Cigadung Raya Tengah No. 40
Bandung 40191
(022) 8252 2727
mail.platform3@gmail.com
https://infoplatform3.wordpress.com
http://www.platform3.net

PLATFORM3 dengan bangga mempersembahkan proyek no. 16, sebuah proyek khusus oleh Beni Sasmito alias Benzig.

Benzig, lahir di Bandung, 8 Januari 1975, Sarjana Seni—mayor studi Seni Lukis (2001) dan Magister Seni (2008) dari FSRD ITB, saat ini mengajar di Program Studi Desain Komunikasi Visual Univ. Kristen Maranatha Bandung.

Telah bertahun-tahun Benzig mengolah ulang citraan yang berkesan propagandis, memadukannya dengan narasi-narasi pengembangan kepribadian; mengubah citraan yang identik dengan politik makro menjadi berorientasi pada wilayah personal. Kali ini Benzig melanjutkan penjelajahannya, tetap dengan olah ulang citraan propagandis, pola repetitif, dengan teknik cut out, namun dengan medium plastik akrilik dan pemotong laser. Penerapan teknik dan medium ini membuat permukaan gambar memantulkan apa-apa yang ada di hadapannya, termasuk kita yang memandangnya, terkesan gemerlap dan makin menguatkan pola repetitif yang masinal. Dengan kata lain, makin impersonal. Paduan yang paradoks dengan narasi tentang pengembangan kepribadian.

Benzig menandai perubahan dari rejim otoriter ke era demokratis sebagai transisi dari wilayah makro ke wilayah mikro. Di berbagai belahan bumi, “gerakan massa” menjadi pendorong perubahan ini. Orang-orang yang terlibat dalam gerakan massa akan tetap anonim di mata sejarah. Perubahan diperjuangkan demi kehidupan yang lebih baik. Bagi orang-orang “anonim” ini, perjuangan demi hidup yang lebih baik berarti kembali pada kehidupannya masing-masing, menghadapi berbagai dampak dari perubahan itu sendiri dalam wilayah personal.

“Hari ini orang-orang itu mungkin telah absen dari gerakan massa. Hari ini orang-orang itu mungkin telah sibuk melakukan pembenahan personal. Karena orang-orang itu memang harus menerima konsekuensi perubahan yang terjadi secara personal pula. Tapi masih mungkin jejak semangat gerakan massa yang berusaha melakukan perubahan ke arah yang lebih baik itu masih menyala-nyala di dada mereka (dada kita dan saya).”, demikian pernyataan Benzig.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s