BANDUNG CONTEMPORARY: Solo Project by Mirfak Prabowo

“SANCTUM”

Solo Project oleh Mirfak Prabowo
Dalam Rangkaian BANDUNG CONTEMPORARY: Disposition

Poster-Solo-Project-sosmed-MIRFAK

PLATFORM3 bekerjasama dengan Bandung Contemporary mengundang anda untuk menghadiri:

“SANCTUM”

Solo Project oleh Mirfak Prabowo

Dalam Rangkaian BANDUNG CONTEMPORARY: Disposition

Pembukaan: Selasa, 29 Oktober 2013 | Pk. 16.00 WIB

PLATFORM3
Jl. Cigadung Raya Tengah No. 40, Bandung 4019
022 – 82522727
www.platform3.net
infoplatform3.wordpress.com

Dikuratori oleh Rifandy Priatna

Penggunaan kata sanctum sebagai tajuk pameran tunggal Mirfak Prabowo dilandasi pada proses, metode serta pola berkarya dari Mirfak sebagai seorang seniman. Memilih kanvas dan cat sebagai media utama untuk berkarya, Mirfak memiliki kecenderungan berbeda dalam membangun karyanya dengan kebanyakan seniman muda sebayanya yang menggunakan media yang sama. Mirfak memilih untuk bekerja dengan bersandar pada ketertarikannya pada berbagai kualitas yang terdapat pada cat, warna, fluiditas, barik, tekstur dan kemungkinan visual yang mampu dihasilkan olehnya. Bagi Mirfak cat merupakan sanctum dimana ia dapat bekerja tanpa bersandar pada berbagai hal yang ia serap pada kesehariannya dan memusatkan fokus pada apa kualitas yang ingin ia dapatkan dari cat yang ia tuangkan, lempar, sapukan atau semprot pada sebidang kanvas. Keinginan untuk terus berkembang melalui imajinasi dan eksperimentasi yang intensif adalah landasan Mirfak untuk menggarap karya non-representasional. Karya-karya Mirfak, mengajak setiap pengunjung untuk turut larut dan menikmati setiap detil yang hadir dari kualitas cat yang ia sajikan pada sebidang kanvas. Membutuhkan waktu untuk bisa menyelami karya Mirfak dan menemukan berbagai hal yang menarik didalamnya. Kita diajak untuk melupakan sejenak persepsi akan komposisi serta skema warna yang dibentuk oleh berbagai media di keseharian kita. Setelah itu barulah kita dapat melakukan dialog dengan diri kita sendiri melalui lukisan Mirfak untuk menemukan hal-hal yang kita sukai dan kita temukan menarik. Pada tahap ini saya kira Mirfak berhasil untuk memenuhi tujuannya untuk mengajak setiap orang untuk menikmati karyanya tanpa bersandar pada referensi apapun yang mereka dapatkan di keseharian mereka. Lukisan-lukisan Mirfak dapat diibaratkan sebagai sebuah sanctum baik bagi pencipta ataupun pengunjung karena ia memberikan ruang tak terlihat untuk mencegah gangguan dalam bentuk apapun masuk ketika kita sedang menikmatinya.

Bandung Contemporary : Disposition

Bandung merupakan kota yang diperhitungkan dalam perkembangan seni rupa modern Indonesia, selain Jakarta dan Yogyakarta. Banyak potensi dimiliki kota ini, disamping tersedianya seniman-seniman muda yang produktif berkarya. Antara lain, keberadaan akademi seni rupa tertua di Indonesia, galeri, serta tersedianya ruang kebudayaan yang lain.

Bandung Contemporary merupakan rangkaian kegiatan pameran dan seminar  yang hadir untuk menggali dan mengembangkanpotensi tersebut. Dengan membuat ajang pameran berskala besar khusus seniman muda inisiasi ini diharapkan dapat menjaga iklim seni rupa Bandung tetap dinamis dan berkelanjutan.

35 seniman muda terpilih yang aktif berkarya di kota Bandung diseleksi oleh tiga kurator muda dan diwadahi oleh Bandung Contemporary melalui serangkaian pameran, yang terbagi menjadi : 2 pameran bersama dan 6 pameran tunggal.

Pameran bersama akan dilaksanakan di ruang pamer Selasar Sunaryo Art Space dan Lawangwangi Creative Space. Pada masing-masing pameran akan ditampilkan karya dari 13 dan 16 seniman muda. Untuk mengakomodir 6 seniman yang memiliki kecenderungan berbeda dalam proses berkarya, Bandung Contemporary menyediakan ruang berkarya dengan keleluasaan yang lebih melalui solo project yang akan dilaksanakan di 6 ruang seni yang berbeda.

Selain kegiatan pameran, akan diadakan pula seminar di Ruang Seminar ITB sebagai sarana dialog antara seniman, kurator, akademisi, pelaku seni, serta pecinta seni. Seminar dengan topik “Seni Rupa Bandung dalam Sejarah Seni Rupa Indonesia”

Kehadiran anda merupakan suatu kehormatan bagi kami.

Send Message Btn1

Info lebih lanjut:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s